Professor Stephen Billett

Prof. Stephen Billet

Dr Stephen Billett adalah Profesor Pendidikan Orang Dewasa dan Kejuruan di Sekolah Pendidikan dan Studi Profesional di Griffith University, Brisbane, Australia dan Anggota Pengajaran Nasional dan Anggota Dewan Riset Australia Masa Depan. Setelah berkarir di bidang manufaktur garmen, ia telah bekerja sebagai pendidik kejuruan, administrator pendidikan, pendidik guru, praktisi pengembangan profesional dan pengembang kebijakan dalam sistem pendidikan kejuruan Australia dan sebagai guru dan peneliti di Griffith University.

Sejak tahun 1992, ia telah meneliti pembelajaran melalui dan untuk bekerja dan telah menerbitkan secara luas di bidang pembelajaran pekerjaan, pembelajaran di tempat kerja, pekerjaan dan akun konseptual pembelajaran untuk tujuan kejuruan. Buku satu-satunya yang ditulisnya termasuk Belajar melalui kerja: Strategi untuk praktik yang efektif (Allen dan Unwin 2001); Pekerjaan, Perubahan dan Pekerja (Springer 2006) Pendidikan Kejuruan (Springer 2011) dan Pembelajaran Mimesis di Tempat Kerja (2014) dan Mengintegrasikan Pembelajaran Berbasis Praktik dalam Program Pendidikan Tinggi (Springer 2015).

Dia telah menyiapkan laporan untuk UNESCO, UNESCO-UNEVOC, Kementerian Tenaga Kerja, Singapura, Institut Pembelajaran Orang Dewasa (Singapura), pemerintah Kanada, Pusat Nasional untuk Penelitian Pendidikan Kejuruan, Institut Carrick, Kantor Pembelajaran dan Pengajaran, Departemen Inovasi, Sains dan Pendidikan Tinggi, Komite Pengembangan Staf Nasional untuk VET, pemerintah negara bagian Victoria dan Queensland dan berbagai organisasi sektor swasta. Dia telah diundang untuk memberikan keynote atau ceramah pleno di lebih dari 70 kesempatan di negara-negara di Eropa, Skandinavia, Amerika Utara dan Asia Tenggara.

Dia adalah pendiri dan Pemimpin Redaksi Kejuruan dan pembelajaran: Studi dalam pendidikan kejuruan dan profesional (Springer) dan editor utama dari seri buku Pembelajaran berbasis praktik dan profesional (Springer) Buku Pegangan Internasional Penelitian dalam Pembelajaran Profesional dan Berbasis Praktik (2014) dengan rekan-rekan dari Jerman. Dia adalah Fulbright Professional Scholar pada tahun 1999, dianugerahi Australian Learning and Teaching Council National Teaching Fellowship 2009-2010 yang mengidentifikasi prinsip dan praktik untuk mengintegrasikan pengalaman belajar secara efektif dalam praktik dan pengaturan akademik. Empat tahun Australian Research Council Future Fellowship (2015-2018) tentang pembelajaran melalui praktik mengidentifikasi kurikulum dan pedagogi praktik, dan hibah nasional Office of Learning and Teaching Development (2015-2018) memeriksa pengalaman pasca-praktik mahasiswa pendidikan tinggi . Pada bulan Agustus 2013, ia dianugerahi gelar doktor kehormatan oleh Universitas Jyvasksla (Finlandia) atas kontribusinya pada ilmu pendidikan dan terpilih sebagai Anggota Akademi Ilmu Sosial Australia pada tahun 2015. Ia juga telah ditunjuk sebagai Peneliti Kehormatan di Universitas Oxford pada tahun 2019. Pada Oktober 2020, ia dianugerahi gelar doktor kehormatan keduanya oleh Universitas Jenewa atas kontribusinya pada pendidikan orang dewasa dan kejuruan. Peringkat Ilmuwan Dunia Stanford menempatkan Billett di atas 1% peneliti di bidang Pendidikan menjadi ke-38 dari lebih dari 58.000 peneliti.

Saat ini dia memimpin proyek penelitian di Australia, Norwegia, dan Singapura tentang pembelajaran lintas kehidupan kerja, menghadapi perubahan dalam kehidupan kerja, mendukung orang dewasa belajar di seluruh kehidupan kerja dan status serta kedudukan pekerjaan dan ketentuan pendidikan tersier. Ia juga merupakan anggota dari Australian Research Council’s College of Experts (2021-2023), dan Anggota Dewan dari Adult Learning Australia dan Adult Learning Australia Foundation (2021-2022).

Sumber : https://experts.griffith.edu.au/19067-stephen-billett